Kuliner enak di solo

MAKANAN WAJIB YANG PATUT DICOBA DI SOLO

  • Serabi
Image result for serabi
Serabi memang sudah membuka cabang di seluruh Indonesia, tapi jika kamu ingin mencoba yang asli, silakan langsung mampir ke Solo.
Serabi Notosuman sudah melayani pelanggannya sejak 1920-an, dan mereka sukses bertahan karena mempertahankan cita rasanya yang manis, lembut dengan santan yang terasa kuat di mulut. Jika membelinya langsung di Notosuman, kamu juga bisa mendapat bonus melihat langsung pembuatan serabi dengan teknik yang menjaga kearifan lokal. Oh iya, untuk mendapatkannya, kamu harus mengantri karena peminatnya sangat banyak. Yang sabar, ya!
Serabi Notosuman
Lokasi: Jalan Muhammad Yamin No.28, Jayengan, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Harga: Mulai dari 1,800 IDR per buah
  •  Selat Solo
Image result for selat solo
Selat solo adalah hidangan khas Jawa dengan pengaruh dari Eropa dan merupakan makanan khas Solo. Untuk menikmatinya, kamu bisa menuju ke Warung Selat Mbak Lies.
Lokasinya tersembunyi dan interior warungnya juga unik. Bayangkan rasa yang kamu dapat kala menikmati seporsi sup lengkap dengan wortel, tomat dan buncis, ditambah acar bawang goreng, potongan kentang goreng, irisan telur pindang dan sayur mayones, plus potongan daging bistik. Penasaran seperti apa rasanya, well, kamu harus mencobanya langsung.
Warung Selat Mbak Lies
Lokasi: Jalan Veteran, Gang II No. 42, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Harga: Mulai dari 16,000 IDR per porsi

  • Es dawet telasih Bu Dermi
Image result for es dawet selasih

Di Pasar Gede, Solo ada satu kedai es dawet yang selalu ramai dikunjungi pembeli. Itulah kedai Es Dawet Telasih Bu Dermi, bahkan Jokowi saja juga rela antri untuk menikmati Es Dawet di kedai ini. Berdiri sejak tahun 1930, hingga saat ini kepopuleran kedai es dawet ini tetap melegenda.

Semangkuk es dawet di kedai ini isinya bubur ketan hitam, bubur sumsum, tape ketan, cendol, dan biji telasih. Untuk dapat menikmati es yang legendaris ini, kamu hanya perlu membayar 8 ribu rupiah saja seporsinya. Murah banget kan?

  • Sate kere Yu Rebi
Image result for sate kere solo

Namanya makanan yang satu ini kedengarannya unik dan aneh ya? Sate kere terbuat dari tempe gambus dan jerohan sapi. Seperti sate pada umumnya, seporsi sate kere juga disajikan dengan sambal kacang dan potongan lontong. Warung Sate kere Yu Rebi ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 1986, jadi soal rasa tidak perlu diragukan lagi.

Kalau kamu penasaran ingin mencoba kuliner legendaris ini, kamu bisa datang ke warung Sate Kere Yu Rebi yang terletak di belakang Stadion Sriwedari Solo. Warung ini buka mulai jam 10.00 WIB hingga 21.00 WIB..

  • Gudeg ceker Bu Kasno
Image result for gudeg ceker

Gudeg ceker ini sudah ada sejak tahun 1970-an di Jl. Monginsidi, Margoyudan, Solo. Uniknya gudeg ini hanya bisa kamu beli mulai jam 1 pagi, namun sudah sejak jam 12 malam biasanya banyak orang yang menunggu di lokasi tempat Bu Kasno berjualan.

Seporsi gudeg terdiri dari nasi gurih, gudeg, ceker ayam kampung, sambal krecek, bersama kuah kaldu dan santannya. Harganya pun tidak mahal, hanya sekitar 10 ribu hingga 15 ribu rupiah seporsi. Saat ini gudeg Bu Kasno ini sudah memiliki tiga cabang di Solo.


Komentar